Cari Artikel

Thursday 28 May 2009

VIRUS KOMPUTER VS VIRUS BIOLOGI

Teman-teman pasti dah tahu apa itu virus komputer. Secara mudah dapat kita artikan bahwa virus komputer adalah program yang yang bisa menggandakan dirinya dan mengcopy kan dirinya sehingga bisa merusak file ataupun sistem dalam komputer. Terus mengapa program semacam ini dinamakan virus yang sama dengan virus biologi seperti virus HIV, Virus Flu, Virus H5N1 dll? Tenyata gerombolan virus ini mempunyai karakteristik yang sangat mirip.

Saya bukan ahli komputer apalagi ahli Biologi maka akan saya tuliskan setahu saya. (Maksudnya jangan dijadikan literatur ya ...hehe...just sharing...). Apa kemiripan mereka sehingga sama2 dinamakan VIRUSSS....(bukan lagunya SLANK ya....):

1. Tahukah teman2 bahwa Virus Biologi adalah hanya suatu benda yang tidak bisa dibilang hidup karena memang tidak mempunyai fungsi kehidupan dan hanya mempunyai kode2 genetik yang biasa disebut DNA. Virus Biologi baru bisa dibilang hidup dan berkembang dengan menempel pada sel mahluk hidup menggunakan fungsi2 kehidupan yang dipunyai sel mahluk hidup untuk bisa berkembang biak dan menggandakan dirinya. Begitu pula dengan Virus Komputer, dalam keadaan sendiri Virus komputer adalah program yang tidak berguna. Dengan menempelkannya dengan file lain (biasanya dengan jalan diklik atau di download) Virus Komputer baru bisa menggandakan dirinya dan akan menggunakan file yang ditempeli tersebut sebagai media untuk menulari file2 lainya karena file yang terinfeksi virus komputer biasanya adalah file2 yang banyak dipakai oleh pengguna komputer.

2. Virus biologi akan menggandakan dirinya dengan cara membelah DNA nya sehingga akan terbentuk Virus baru yang sama persis kode DNA nya dengan merusak sel yang ditempelinya. Virus Komputer juga demikian, Virus Komputer menggandakan diri dengan cara menimpakan program pada file yang diinfeksi sehingga file itu rusak walaupun ada juga virus yang hanya menempeli saja sehingga tidak merusak file tetapi hanya memperbesar ukuran file saja.

3. Virus biologi bisa ditangkal dengan memberikan vaksinasi sehingga membuat mahluk hidup menjadi kebal terhadap serangan virus. Komputerpun juga demikian harus ditanami program antivirus agar komputer kebal terhadap virus.

4. Virus Biologi mewabah pada bulan2 tertentu dan periodik. Virus Komputer juga mempunyai rutin timer yang melakukan aksinya pada saat2 tertentu yang telah ditentukan pada fungsi timernya.

5. Virus Biologi ada yang Pathogen (mematikan) dan ada yang jinak. Virus komputerpun ada yang berbahaya sehingga membuat komputer rusak dan ada yang jinak yaitu hanya menampilkan tulisan2 atau gambar.

6. Virus komputer bisa bermutasi menjadi jenis virus lain yang kharakteristiknya sangat berberda dengan virus asal. Virus komputer juga dapat bermutasi menjadi virus yang sangat berbahaya setelah berinteraksi dengan file2 ataupun program2 tertentu yang kadang si pembuat viruspun tidak bisa menghentikannya.

Sebenarnya masih banyak kesamaan2 yang dimiliki kedua jenis mahluk yang bernama VIRUS ini tetapi yang saya ketahui hanya ini .... (maaf ya pengetahuan saya kan terbatas ...), dan jika sobat2 mau menambahi ataupun menyanggah bisa komment disini ya....

Thanks dah membaca ...

Get This

Artikel Terkait



19 comments:

  1. kalau virus malas ? gimana ? akan kah ia bermutasi menjadi virus lain

    ReplyDelete
  2. virus di bunuh hanya dengan doa he he he

    ReplyDelete
  3. Postingan yang mantap, juga bermanfaat. Numpang baca-baca neh.

    ReplyDelete
  4. hehe ada virus yang buat ketagihan nehhh. virus blogwalking nmnya,,... nice post... wait 4 netx post... ;)

    ReplyDelete
  5. wah ilmu baru neh..ciat2...gedubrak!!!

    ReplyDelete
  6. hehehe...
    lagi bahas tentang virus yah
    emang nyebelin banget...
    ga kayak virus cinta

    Btw...cara bikin follow button bwt twitter gmana sih??
    ajarin dunkz

    ReplyDelete
  7. emang yang namanya virus selalu nyebelin.. kecuali virus cinta

    ReplyDelete
  8. betul mas pixel..mang mirip kok..virus emang menjengkelkan, perjuangan yg melelahkan bila harus melawan virus., lengah sedikit bisa fatal akibatnya buat komputer qt. nice post. terimakasih.

    ReplyDelete
  9. hm...hm...nice nice..bener juga neh

    ReplyDelete
  10. mas...
    tau caranya biar bisa tau postingan kita berapa kali di klik orang ga??
    buat artikelnya dunkz

    ReplyDelete
  11. Hehehe...
    mantap posting nyee

    ReplyDelete
  12. Taufan : Bisa baca di sini Sob ..

    ReplyDelete
  13. Tuk mengucapkan selamat tinggal
    Karena aku takkan pernah bisa
    Melepasmu di gelapnya malam

    Rasa yang begitu besar slalu disisiku
    Ku tak mudah jatuh cinta
    Coba kau rasakan perasaan ini
    Akankah sama denganku?

    Tempat ini begitu ramai
    Namun ku tetap merasa sepi
    Karna Kau tak menemaniku
    Hanya bayangmu yang menghantuiku

    Cintaku ini takkan pernah bisa berubah
    Hanya untukmu
    Seluruhnya kuserahkan padamu
    Yang begitu menyayangimu hingga akhir penantianku

    ReplyDelete
  14. Makasih atas informasinya bos...
    Bermanfaat...

    ReplyDelete
  15. Virus???...Makanan sehari-hari mas hehehe.. apalagi sering conek internet siap2 cari Pembasminya.

    ReplyDelete
  16. Info bagus neh.....
    ditunggu commentnya di

    elceer.blogspot.com

    ReplyDelete