Cari Artikel

Friday 13 July 2012

Belajar HTML (Part 1)

World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) atau yang sering kita sebut web saja merupakan sumber data yang dapat di akses oleh semua orang yang terhubung ke jaringan internet. Tiga komponen penting dari World Wide Web adalah :

1. URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah standar pengalamatan sebuah file di internet yang dirancang khusus untuk digunakan oleh browser seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera dll.

2. HTTP (HyperText Transfer Protokol)
HTTP merupakan salah satu protokol yang digunakan untuk bahasa komunikasi antar server seperti web, telnet atau FTP.

3. HTML (HyperText Markup Language)
HTML merupakan tulisan teks ASCII yang bisa di markup menggunakan tag-tag sehingga bisa dibaca oleh semua komputer dengan berbagai sistem operasi seperti windows, linux, macintosh dll.

HTML adalah bahasa interpreter yang akan diterjemahkan oleh browser menjadi sebuah halaman web yang biasa kita lihat saat kita berowsing di internet.

Tag HTML adalah kode yang digunakan untuk me-markup teks ASCII untuk membentuk file html. Setiap tag mempunyai fungsi sendiri-sendiri yang selalu dimulai dengan tanda "<" dan ditutup dengan tanda ">" contohnya <b>, <i>, <u> dll. Biasanya tag mempunyai pasangan penutup tag yang diletakkan di akhir teks yang akan di markup. Tag penutup sama dengan tag pembuka hanya disisipi dengan tanda "/" contohnya </b>, </i>, </u>.

Format penggunaan tag HTML adalah :

<Tag pembuka> Teks ASCII <Tag penutup>

contohnya :

<b>Huruf Tebal</b> di browser akan nampak Huruf Tebal
<i>Huruf miring</i> di browser akan nampak Huruf miring
<u>Garis bawah</u> di browser akan nampak Garis bawah

Bersambung ...

Get This

Artikel Terkait



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment